3.1.09

KEGIATAN

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Swapala ada bermacam-macam. Selain program kerja wajib yang terjadwal ada juga kegiatan-kegiatan terobosan yang bersifat insidental. Kegiatan-kegiatan wajib yang telah tersusun dalam program kerja antara lain Penarikan calon anggota, seleksi calon anggota, masa pendidikan calon anggota, pengukuhan calon anggota, diklatsar dan pelantikan. Selain itu juga ada kegiatan yang lain seperti peringatan hari kelahiran Swapala, Ekspedisi anggota, Peringatan Hari Bumi setiap 22 april, Serta ekspedisi akhir tahun untuk serah terima jabatan kepada pengurus baru periode berikutnya. Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan terobosan yang bersifat insidental antara lain mengikuti event-event tertentu seperti perlombaan, mengikuti kegiatan bakti lingkungan yang diadakan oleh organisasi lain, mengikuti seminar lingkungan hidup, kegiatan-kegiatan ekspedisi yang tidak terjadwal (gagasan mendadak), mengikuti kegiatan pendidikan lanjutan dan lain sebagainya.
Hasil dari kegiatan tersebut akan di nilai saat evaluasi keanggotaan setiap menjelang masa akhir kepengurusan. Sampai sejauh mana kemampuan para anggota dalam melaksanakan seluruh program kerja, sampai sejauh mana hasil dari pendidikan mereka, serta untuk menilai kecakapan dalam berorganisasi. Hasil dari setiap evaluasi akan menjadi suatu pertimbangan untuk pembahasan program kerja untuk kepengurusan periode berikutnya, jika terjadi kegagalan maka akan dicari solusi supaya pada masa kepengurusan berikutnya dapat diraih keberhasilan, dan setiap keberhasilan akan menjadi penyemangat untuk dapat dipertahankan pada kepengurusan berikutnya, bahkan akan di tingkatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.
Kegiatan-kegiataan bakti lingkungan yang sudah pernah dilakukan oleh Swapala antara lain mengikuti penghijauan di Jepara, Melakukan kegiatan bersih gunung di Ungaran, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Lawu, Slamet dan di gunung yang lain, melakukan kegiatan aksi kepedulian terhadap lingkungan pada Hari bumi bengan penyebaran stiker, pamflet, dan bunga kertas untuk mengajak masyarakat untuk ikut peduli terhadap kelestarian lingkungan pada peringatan hari bumi, melaksanakan kegiatan penanaman seribu pohon mangroove sebagai pohon pemecah gelombang laut di daerah rawan bencana rob di sayung, melakukan kegiatan penanaman pohon di lingkungan SMA Negeri 1 Demak, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan bakti lingkungan yang lain.
Sebagai penunjang minat, Swapala juga melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat petualangan dan tantangan, antara lain pendakian gunung, kegiatan pelatihan penggunaan tali temali, ekspedisi ke tempat-tempat baru, penyusuran gua, penyusuran pantai, kemah di pulau terpencil, dan lain sebagainya..

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar