1.3.09

PROFIL DAN SEJARAH SWAPALA


SWAPALA-KALIJAGA

Swapala Kalijaga merupakan kelompok pencinta alam (PA) yang berbasis di SMA Negeri 1 demak..
Merupakan salah satu dari bagian kegiatan ekstra kurikuler pilihan bagi siswa SMA Negeri 1 demak.
Kelompok yang berdiri pada tanggal 09 September 1999 ini kini mulai berkembang menjadi kelompok yang tidak hanya berkegiatan di bidang petualangan saja.. Telah banyak kegiatan yang bersifat bakti lingkungan telah dilakukan oleh kelompok ini. Beberapa di antaranya adalah Penanaman 1000 pohon mangroove di kawasan rawan bencana rob di Sayung Demak, kegiatan-kegiatan bersih gunung, penanaman pohon di lingkungan SMA Negeri 1 Demak, dan lain sebagainya.
Sejarah kelahiran Swapala kalijaga berawal ketika muncul gagasan dari beberapa siswa SMA Negeri 1 demak yang pada saat itu memiliki minat untuk kegiatan petualangan dan menginginkan untuk di adakan kegiatan ekstra krikuler pencinta alam di SMA Negeri 1 Demak.
Gagasan tersebut pada mulanya tidak mendapar tanggapan dari pihak sekolah karena berbagai alasan. Namun pada akhirnya gagasan tersebut dapat terwujud setelah datang seorang senior, dedengkot, atau boleh juga disebut sesepuh pencinta alam yang menawarkan diri untuk melatih anak-anak PA. Akhirnya pada tanggal 09 bulan 09 tahun 99 SWAPALA lahir dengan ditandai dilaksanakannya latihan pertama pada tanggal itu..
Dalam perkembangannya SWAPALA telah meraih berbagai prestasi, baik yang berupa kejuaraan maupun non kejuaraan..Prestasi yang bersifat kejuaraan antara lain pernah dua kali berturut turut menjuarai lomba lintas alam Tingkan Jawatengah yang diadakan oleh kelompok PA di Unnes-Semarang. Sedang untuk prestasi yang bersifat non kejuaraan antara lain, beberapa anggota Swapala pernah menjadi wakil dalam kegiatan-kegiatan lingkungan.
Kelompok ini tak pernah berhenti untuk terus mengembangkan diri, selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dan memberi yang terbaik untuk para anggotanya dan juga untuk SMA Negeri 1 Demak, dan tak lepas pula untuk lingkungannya...
Setiap langkah yang coba untuk dilakukan selalu memiliki tujuan untuk memberikan efek positif terhadap segala sesuatu yang terlibat di dalamnya dan juga yang ada di sekitarnya..

Related Post



3 komentar:

  1. aku bangga mejadi anggota swapala kalijaga.
    apalagi waktu diklat. senang, sedih menjadi satu.
    kebersamaan menjadi nomor satu.
    buat mas bella, kapan nikahnya?
    buat pak waluyo, ojo nggasai terus.
    semoga swapala kalijaga selalu jaya.
    HORAS!!!

    From : 014/SWP-KJ/X/09

    BalasHapus
  2. memang asyik menjadi anggota SWAPALA KALIJAGA,apa lagi pas waktu diklat perasannya ga' karuan susah, senang, sedih, takut,n deg - dekan, pokeke seneng menjadi anggota swapala kalijaga penuh dengan tana- tantangan, salam buat kak bela n pak sarjono senoirku, semog SWAPALA KALIJAGA tetap jayaaaaa n sukses selalu. (Tonyo)

    BalasHapus
  3. berkhianat pada sesuatu yang laknat

    BalasHapus