3.1.09

ANGGOTA SWAPALA KALIJAGA

Keanggotaan Swapala Kalijaga

Sejak awal mula pendiriannya Swapla Kalijaga telah terbentuk sebanyak 9 angkatan. dan tahun ini juga akan segera lahir angkatan ke 10 yang akan dilantik setelah melewati masa ujian yaitu diklatsar pada tanggal 3-6 Januari 2009 besok. Untuk menjadi anggota Swapala kalijaga tidaklah semudah yang dibayangkan. Sungguh berat ujian yang haru di jalani oleh para calon anggota. Baik berupa ujian fisik, mental, kemampuan hidup di alam bebas, uji kekompakan antar anggota, dan lain sebagainya. Semua ujian tersebut dimaksudkan bukan untuk membuat para anggota tersiksa atau pun sekedar untuk perploncoan. Akan tetapi sebagai pembentuk karakter seorang Pencinta alam yang memiliki rasa cinta alam yang kuat, peduli terhadap sesama, peduli terhadap lingkungan, memiliki fisik dan mental yang kuat serta memiliki rasa persaidaraan yang tinggi. Dengan melalui ujian sedemikian rupa, diharapkan akan terbentuk anggota Swapala yang benar-benar berkualitas, loyal terhadap organisasi serta mampu mengemban tugas sebagai generasi penerus Swapala yang akan terun menjaga organisasinya serta membawa Swapala semakin terdepan.

Berikut beberapa hasil dokumentasi saat diklatsar dan pelantikan angkatan ke VIII pada 20-23 januari 2007 :







Status keanggotaan Swapala tidak ada betasan waktu. Sekali berhasil menjadi anggota, maka selamanya akan tetap menjadi anggota. Hanya status saja yang membedakan, yaitu anggota aktif dan anggota tidak aktif. Tentu saja dengan hak dan kewajiban yang berbeda. Hak dan kewajiban anggota diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga status keanggotaan Swapala dapat di cabut sewaktu-waktu karena alasan tertentu, misalnya melanggar aturan organisasi, mencemarkan nama baik organisasi dan lain-lain.
Orang yang dapat menjadi anggota Swapala Kalijaga adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Demak yang mendaftar pada organisasi ini dan mengikuti proses untuk menjadi anggota. Proses untuk menjadi anggota Swapala tidaklah mudah. Selain dengan seleksi yang sangat ketat juga dibutuhkan keteguhan untuk dapat bertahan mengikuti proses yang panjang hingga dapat dilantik menjadi anggota. Dengan kegiatan semacam ini diharapkan para anggota dapat mengambil banyak manfaat dari mengikuti kegiatan Swapala. Selain berlatih keorganisasian, mengatur dan merencanakan kegiatan, juga dapat melatih dan menempa diri menjadi manusia yang kuat secara fisik, mental, dan pemikiran. Juga dapat membentuk kepribadian menjadi manusia yang mencintai alam dan mencintai sesama dengan ikatan persaudaraan yang kuat..

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar