12.5.10

1100 Bibit Mangroove Untuk Masa Depan

Eksplorasi alam yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan menyebabkan kondisi lingkungan semakin memprihatinkan. Pemanasan global dan pengikisan tanah daerah pesisir kini telah mencapai taraf yang berbahaya. Dan yang lebih parah lagi kesadaran masyarakat mengenai kondisi tersebut masih sangat kurang. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Tuntutan hidup dan kondisi ekonomi merupakan penyabab utama kurangnya kesadaran masyarakat untuk memperhatikan kelestarian lingkungan. Kita hanya bisa mengeksplorasi dan mengambil kekayaan alam ini tanpa memperhatikan kerusakan yang ditimbulkan.

Swapala Kalijaga, sebagai kelompok Pecinta Alam dari SMAN 1 Demak yang notabene memiliki kepedulian terhadap lingkungan mencoba untuk menunjukkan hal tersebut melalui moment Hari Bumi 22 April. Swapala Kalijaga mencoba untuk menunjukkan kepedulian dan memancing kesadaran masyarakat tentang kondisi lingkungan dengan kegiatan berupa Penanaman 1100 Bibit Mangroove di Daerah Pesisir Kabupaten Demak. Meski kegiatan ini tergolong kecil, tapi dengan melakukan kegiatan ini Swapala Kalijaga Berusaha untuk tetap peduli dan semoga hal ini bisa menjadi pemacu semangat bagi semua pihak dan golongan untuk lebih peduli dan melakukan kegiatan serupa yang mungkin lebih besar. Kegiatan Penanaman 1100 Bibit Mangroove dilaksanakan pada hari minggu 24 April 2010 kemarin di lokasi rawan abrasi di Desa Sukorejo Kecamatan Bonang Kabutapen Demak. Kegiatan yang didukung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak ini berlangsung dengan lancar dan sukses. Seluruh bibit dapat ditanam di lokasi yang ditentukan. Dan dukungan dari masyarakat sekitar juga cukup baik. Semoga kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan di waktu mendatang.




Pecinta Alam bukan sekedar naik turun gunung saja... Seharusnya kita sadar bahwa kita memiliki tugas yang lebih besar dari sekedar berpetualang... Kondisi alam dan lingkungan kita menunggu kepedulian kita untuk menjaga dan melestarikannya... Tetap maju Pecinta Alam Indonesia... Salam Lestari...

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar